Film Turah Berbahasa Tegal Bersaing di Piala Oscar 2018

Penggalan Film Turah.
Sumber :
  • Repro Youtube

VIVA.co.id – Turah, film berbahasa ngapak khas daerah Tegal, Jawa Tengah, terpilih mewakili Indonesia untuk bersaing di ajang Piala Oscar 2018.

Christine Hakim: Film Turah Cerminan Kehidupan

Film Turah akan maju di Oscar setelah dipilih Komite Seleksi yang dibentuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI).

"Berdasarkan keputusan dan sesuai pedoman pelaksanaan kategori Foreign Languange Award di Oscar, maka komite seleksi menetapkan bahwa film produksi Empat Warna Media, Turah, terpilih sebagai film untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar kategori film bahasa asing," kata Ketua Komite Seleksi, Christine Hakim, di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa 19 September 2017.

Film Turah Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2018

Christine mengatakan, proses seleksi hingga terpilihnya Film Turah dilakukan dengan beberapa metode. Bahkan, Komite Seleksi juga harus mempelajari beberapa film yang pernah meraih Piala Oscar di tahun sebelumnya.

"Kami juga mempelajari dan menganalisa dari jauh dari hasil yang menang Foreign Language film sebelumnya. Sehingga kita mendiskusikan mana film yang kira-kira dapat menarik perhatian di sana," kata Christine.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Film Turah bukan satu-satu karya anak Indonesia yang ikut seleksi menuju Oscar. Ada seratusan judul film lainnya yang menjadi pesaing ketat dalam seleksi itu.

"Seleksi banyak, kita seleksi dari sekitar 130 judul," kata Christine.

Turah merupakan sebuah film bahasa daerah yang terbilang sukses, film ini merupakan karya Wicaksono Wisnu Legowo. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya