Film Indonesia Siap Maju ke Ajang Oscar, Panitia Dibentuk

Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Academy of Motion Pictures Arts and Science, sebagai penyelenggara ajang Academy Awards, atau Oscar, menunjuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia, atau PPFI untuk melakukan seleksi film Indonesia yang akan diikutkan dalam ajang Oscar kategori Best Foreign Language Film Award.

Cillian Murphy Kembali Perankan Tommy Shelby di Film Peaky Blinders

PPFI langsung membentuk komite seleksi yang beranggotakan pakar dan sineas film yang berkompeten. Nantinya, komite ini yang menentukan film mana yang akan dikirim ke Academy Award 2018.

Untuk komite saat ini, akan diketuai oleh aktris senior, sekaligus produser film Christine Hakim. Selain itu, Alim Sudio, Benno Setiawan, Fauzan Zidny, Firman Bintang, Jenny Rachman, serta artis Marcela Zalianty, Mathias Muchus, Reza Rahadian, Roy Lolang, Tya Subiakto, Wina Arada, serta Zairin Zain sebagai anggota komite.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Film yang dipilih nantinya diharapkan dapat mendapat sokongan konkret dari pemerintah atas biaya promosi dan iklan film yang mewakili Indonesia.

Ketua umum PPFI H. Firman Bintang mengatakan, promosi yang baik akan membuat kemajuan di Industri perfilman.

Hadir di Piala Oscar 2024, Billie Eilish Kenakan Pin Dukung Genjatan Senjata di Palestina

"Gaung film Indonesia yang dikirim ke Oscar 2018, menjadi lebih besar dan efeknya berimbas ke kemajuan industri perfilman Indonesia," katanya di Plaza Indonesia, Selasa 19 September 2017

Selain Komite Oscar, PPFI juga akan membentuk Panitia Tetap/Pantap yang bekerja berkesinambungan per tiga tahun. Menurutnya, hal ini agar nantinya seleksi film yang akan dikirim ke Oscar dapat lebih efektif.

"Agar dapat bekerja lebih efektif, sehingga penentuan film yang dikirim ke Oscar dapat lebih matang," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya