100 Tahun Titanic Digelar di Museum Replika

RMS Titanic
Sumber :
  • id.wikipedia.org

VIVAnews- Hampir seabad berlalu sejak kapal pesiar mewah Titanic tenggelam. Peringatannya pun akan digelar di dua museum berbentuk replika kapal yang berukuran separuh lebih kecil di Pigeon Forge, Tennessee, serta di Branson, Missouri.

"Akan ada peringatan di seluruh dunia untuk memperingati seabad tragedi Titanic tanggal 14 April nanti. Namun, satu-satunya tempat di Amerika Serikat yang akan menyelenggarakan peringatan resmi adalah di Titanic Museum Attraction," kata John Joslyn, pemilik kedua museum.

Dilansir harian Daily Mail Selasa 13 Maret 2012, malam peringatan yang diberi tajuk A Night to Remember ini digelar untuk memberi kesempatan pengunjung untuk lebih terlibat secara aktif dalam mengenang sejarah Titanic. Itu sebabnya dalam peringatan kali ini, keturunan dari korban bersama keturunan para korban kapal yang karam 14 Maret 1912 tersebut turut diajak serta dalam peringatan.

Masing-masing museum yang memiliki luas 2787 meter persegi ini mulai dibuka sejak April 2010 dan telah menarik hingga tujuh juta pengunjung. Tidak hanya replika kapal, namun replika gunung es setinggi sembilan meter yang menenggelamkan Titanic juga didirikan di sana.

Penonton yang menyaksikan film Titanic besutan James Cameron pasti akan familiar dengan replika beberapa elemen dalam museum, semisal tangga di kabin kelas satu tempat bertemunya Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Meski demikian, pengelola menegaskan bahwa museum ini dibuat sesuai dengan aslinya, bukan versi Hollywood.

Museum ini juga menyediakan fitur interaktif berupa sudut dek yang bisa berubah sudut yang memberi kesan seolah Titanic benar-benar tergoncang setelah menabrak gunung es. "Kami ingin pengunjung bisa menikmati segala yang ada di museum, walaupun Titanic tidak pernah kembali ke AS," kata Mary Kelloggs-Joslyn, pemilik museum lainnya. (eh)

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan
Irish Bella.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

Setelah mengajarkan anaknya membedakan uang yang nominalnya lebih besar, Irish Bella juga melatih sang anak mencium tangan orang yang sudah memberikannya THR.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024