Seleb Tanah Air yang Menggeluti Bisnis (I)

Titi Kamal dan Christian Sugiono
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews –Dunia hiburan tidak selamanya menjanjikan. Bagi sejumlah selebritas, dunia ini bukan masa depan. Sebab usia akan bertambah, dan pendaran popularitas perlahan redup. Digulung banyak soal. Dari usia yang kian bertambah, hingga pendatang baru yang terus menjamur.

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Banyak pekerja di profesi ini yang gilang gemilang di usia muda, tapi buram masa tuanya. Bahkan susah. Dan kisah mereka sudah bertaburan di media massa. Kisah sedih di masa tua itu mendorong sejumlah selebritas menekuni bisnis lain di luar hiburan.

Banyak yang berinvestasi di saham dan jenis bisnis lainnya.  Annisa Bahar, artis dangdut yang juga sohor namanya, memilih bisnis online trading emas. Dia mengaku terbujuk rayuan kawan. Sebab untung bisa 300 persen. Bilangan yang terhitung selangit di jaman susah seperti ini.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Belakangan Annisa mengaku tertipu dan memikul kerugian Rp1,5 miliar. Jumlah yang tentu saja mengagetkan orang ramai. (baca selengkapnya kisah Annisa di sini). Ada yang buntung, tapi banyak pula yang untung dengan sambilan berdagang itu. 

Berikut daftar sejumlah selebritas di tanah air yang sukses di dunia bisnis. Rupa-rupa bisnis yang mereka tekuni. Dari makanan hingga showroom mobil.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

1. Kuliner

Bisnis kuliner tampaknya sangat diminati oleh sebagian besar selebritas Tanah Air. Setidaknya lebih dari sepuluh selebritas yang memiliki usaha di bidang kuliner. Baru-baru ini, selebritas seperti Thomas Nawilis, Dude Herlino, Christian Sugiono, Adi Nugroho, Shireen Sungkar, Titi Kamal, Irene Librawati, Teuku Wisnu kompak membuka restoran Jepang bernama ‘Sushi Miya8i’ di Depok.

“Kita lihat peluang di Depok bagus. Depok kan terkenal dengan orang-orang yang bolak-balik Depok-Jakarta,” ujar Teuku Wisnu.

Bisnis kuliner juga ditekuni istri Christian Sugiono yang juga seorang artis, Titi Kamal. Titi memilih usaha katering dengan menggandeng teman dekatnya. Usaha katering Titi diberi nama 'Titi Sari Catering'. “Sari ini teman saya. Dia sudah berpengalaman, nggak cuma untuk pesta pernikahan, tapi bikin makanan untuk karyawan pabrik,” kata Titi.

Titi mengaku terus memantau sendiri usaha barunya tersebut. Untuk mengembangkan usahanya ini, Titi bahkan menggunakan juru masak andalan. Ia juga tidak peduli, jika dikatakan aji mumpung mempromosikan bisnis menggunakan nama besarnya.

Lain lagi dengan kakak beradik Ayu Azhari, Sarah Azhari, dan Rahma Azhari. Ketiganya membuka restoran dengan menu khas Timur Tengah. Ketiganya menekuni bisnis restoran lantaran gemar makan.

"Kita memang sudah lama ingin buka restoran. Kenapa Timur Tengah? Karena makanan Arab itu sehat dan harganya juga terjangkau," kata Ayu

Adapun pesinetron, Gunawan mengaku semakin mantap menajalani bisnis rumah makan yang dirintisnya sejak 2008 silam. Seperti diketahui, Gunawan membuka rumah makan ‘Bumbu Desa’ di kawasan Tanah Abang, beberapa tahun lalu. Meski demikian ia tak menutup kemungkinan menggeluti bisnis lain selain kuliner.

“Keinginan untuk berinvestasi lagi pasti ada. Aku juga ingin buka usaha tapi di bidang lain, Insya Allah kalau ada rezeki mau buat sesuatu yang beda lah,” ucap Gunawan.

2. Fesyen

Bisnis lainnya yang menarik perhatian para selebritas Tanah Air adalah bidang fesyen. Mantan VJ MTV, Daniel Mananta misalnya memiliki butik bernama ‘The Other Culture’. Butik tersebut menjual t-shirt yang memiliki desain motif khas Indonesia, seperti tokoh wayang dan batik.

Gue mau bikin batik lebih terlihat fashionable tapi tentu aja tanpa kehilangan karakter dan budaya Indonesia,” kata Daniel.

Sementara itu model Fahrani memilih menekuni bisnis kacamata. Gara-gara keasyikan dengan bisnis tersebut, Fahrani melupakan kariernya sebagai seorang model. "Karena sudah ketagihan jualan kacamata, jadi lupa sama kerjaan aku yang pertama sebagai model," ujarnya.

Presenter sekaligus artis, Dewi Rezer mencoba berjualan tas bekas alias tas second hand. Sejak Januari lalu, Dewi memasarkan tas bermerek terkenal milik teman-temannya sesama selebritas secara online.

“Karena ini bisnis pertamaku, aku nggak mau mengambil risiko tinggi yang perlu mengeluarkan banyak modal. Jadi (bisnis) online adalah pilihan yang tepat,” kata Dewi.

Selain Danie, Fahrani, dan Dewi, selebritas lainnya yang juga menggeluti bisnis fesyen adalah Luna Maya. Ia membuka butik bernama ‘ LM Hardware’ di Bandung dan Jakarta. Sementara itu presenter Olga Syahputra membuka butik 'Rumah Olga Syahputra'.

3. Otomotif

Sukses sebagai seorang presenter, tak membuat Raffi mengandalkan pendapatan dari dunia hiburan saja. Apabila rekannya, Olga dan Luna menjajal usaha butik, Raffi justru memilih bisnis otomotif.  Seperti diketahui Raffi memiliki showroom motor Can Am Spyder BRP di Kawasan Haji Nawi. Raffi mengaku serius menjalani bisnisnya tersebut.

“Apa yang aku jalani sekarang untuk bekal di masa depan,” ujar Raffi.

Bersambung...

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya