Apa Makna Prosesi Siraman Ibas-Aliya

Ibas dan Aliya setelah prosesi lamaran
Sumber :
  • Abror Rizki/Biro Pers Istana Presiden

VIVAnews - Rangkaian pernikahan putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro dan Siti Ruby Aliya Rajasa memasuki prosesi siraman. Menggunakan adat Jawa, siraman berlangsung di kediaman masing-masing mempelai.

Untuk Ibas, siraman berlangsung di Puri Cikeas, Bogor, mulai sekitar pukul 10.00. Sedangkan Aliya menjalani prosesi siraman di kediamannya di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, mulai sekitar pukul 09.30, Selasa, 22 November 2011.

Prosesi siraman kedua mempelai ditangani perias kondang, Tienuk Riefki.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Dalam adat Jawa, siraman merupakan upacara di mana sejumlah orang yang dituakan memandikan calon pengantin agar menjadi suci dan murni.

Sebelum siraman, orangtua mempelai biasanya akan menjalani tradisi pemasangan bleketepe, atau anyaman daun kelapa hijau sebagai simbol orang Jawa yang menggelar hajatan.

Selain siraman, Tienuk juga akan menangani resepsi yang berlangsung 26 November mendatang. Sedangkan acara akad, Tienuk tak terlibat karena menggunakan adat Palembang,

"Akad nikah menggunakan adat Palembang, saya tidak terlibat dalam akad nikahnya. Terus tanggal 26 November acara resepsinya saya terlibat lagi," ujar Tienuk.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024