Pencipta 2012 Itu 'Spesialis Kiamat'

VIVAnews - Roland Emmerich, mungkin menjadi satu-satunya sutradara dengan spesialisasi 'kiamat.' Tiga film besutannya yang masuk box office itu memperlihatkan luluh-lantaknya Amerika Serikat dan sekitarnya dengan pendekatan 'hari akhir.'

Saat menciptakan Independence Day pada 1996, sutradara asal Stuttgart, Jerman ini memporak-porandakan Gedung Putih. Emmerich menciptakan pesawat makhluk asing atau alien berbentuk piring terbang UFO tepat di agas Gedung Putih.

Pesawat itu lalu menghancurkan 'Istana Presiden.' Dalam film yang dibintang Will Smith itu, Ibu Kota akhirnya porak-poranda karena serangan alien.

Emmerich membuat tiga UFO untuk menyerang kota-kota besar dunia seperti, New York, Washington DC dan Los Angeles, London, Paris, Moscow dan New Delhi.

Giliran 'The Day After Tomorrow' yang meratakan seluruh Amerika Serikat pada 2004. 'Kiamat' yang diciptakan Emmerich ini disebutkan akibat dari pemanasan global.

Alhasil, film ini sempat menduduki urutan ke-45 di dunia dalam total penghasilannya, yaitu US $542,771,772.

Bahkan sebelum 'The Day After Tomorrow,' Emmerich juga sempat membuat decak kagum dengan menciptakan Godzilla pada 1998. Kota New York dihancurkan oleh monster fiksi yang menjadi legenda film Jepang dan telah menjadi salah satu karakter film paling terkenal sepanjang masa.

Kini, sutradara kelahiran 10 November 1955 itu, kembali 'menghancurkan' dunia lewat 2012. Film yang menceritakan tentang akhir zaman berdasarkan prediksi kalender suku Maya itu, berhasil menarik perhatian masyarakat dunia.

Melalui '2012', Emmerich mempopulerkan ramalan bangsa Maya kuno tentang akhir zaman yang jatuh pada 2012. Tanggal 21 Desember 2012 merupakan akhir penanggalan kalender bangsa itu.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Seperti dalam film-filmnya sebelumnya, dalam 2012 kita menyaksikan Amerika yang hancur lebur tapi amat sangat heroik. Presiden Amerika yang menolak terbang bersama Air Force One ke daratan China -- tempat Bathera penyelamat berukuran raksasa dirakit. Presiden yang tampangnya berantakan ditimpa salju bersama ribuan rakyat. Kapal induk yang digulung gelombang  dan menimpa gedung putih dan Hawai yang bak bara api.

Apapun kata kritikus pada film ini, dia sudah sukses menyedot jutaan penonton. Baru tiga hari diputar, film '2012' yang dibintangi John Cussack berhasil merajai box office pekan ini. Film ini meraih keuntungan sebesar USD 65 juta.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK


ismoko.widjaya@vivanews.com

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024